Semprotan Merica Cukup DIgunakan Beberpakali Untuk melumpuhkan

Semprotan Merica 


Untuk menenangkan demonstran yang melakukan kekerasan, maka apartaur keamanan biasanya memakai semprotan merica. Semprotan merica ini sewajibnya digunakan kurang dari 1 detik dan tidak boleh disemprot berulang kali pada orang yang sama karena efeknya sangat serius.

Semprotan merica memang tidak membunuh, namun diketahui bisa melukai atau menimbulkan masalah pada badan. Hal ini disebabkan karena dalam semprotan merica mengandung senyawa yang sama seperti dalam cabai yaitu capsaicin dengan ekstrak yang terkonsentrasi atau disebut dengan oleoresin capsicum.

Riset yang dilakukan peneliti dari University of North Carolina School of Public Health dan Duke University Medical Center menemukan paparan dosis tinggi dari semprotan merica ini bisa mengakibatkan efek pada jantung seperti aritmia, pernapasan, disorientasi dan neurologis.

Gangguan pada nafas meliputi rasa terbakar pada tenggorokan, mengi, batuk kering, sesak napas, tidak mampu untuk bernapas atau berbicara, sedangkan di hidung menyebabkan bersin, iritasi dan refleks sekresi lendir.

Jika semprotan merica ini tidak terhirup tapi mengenai kulit dan mata maka membutuhkan pertolongan rumah sakit karena bisa menyebabkan rasa nyeri terbakar yang hebat, pembengkakan, peradangan dan kemerahan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan jika terkena semprotan merica seperti dikutip dari Healthland.Time, Rabu (23/11/2011):

1. Jangan digosok
Semprotan merica bisa melebarkan kapiler di permukaan kulit, jadi jika menggosok daerah yang kena semprotan bisa membuat sensasi terbakar menjadi lebih intens dan rasa sakit yang lebih parah.

2. Cobalah untuk tidak bernapas ketika disemprot merica
Menutup hidup akan jauh lebih baik karena bisa mencegah inhalasi atau terhirupnya semprotan cairan ke dalam tubuh.

Alat Keamanan 

3. Waspadalah dengan udara dingin
Biasanya orang akan menyiram tubuh dengan air dingin atau berdiri di depan kipas angin jika terkena semprotan merica untuk mengurangi rasa panasnya. Tapi capsaicin bisa merangsang reseptor panas yang nantinya memicu respons pendinginan tubuh sehingga berisiko overexposure udara dingin yang meningkatkan risiko hipotermia.

4. Gunakan bahan yang tepat untuk membersihkan
Bersihkan daerah yang kena semprotan dengan bahan yang tidak mengandung minyak atau krim pendingin berbasis sabun. Jangan menggunakan salep atau bahan berbasis minyak karena bisa membuat senyawa dalam semprot merica sulit lepas dari kulit.

Comments

Popular Posts